KHASIAT DAUN JAMBU BIJI (KHASIAT TANAMAN)

9 KHASIAT DAUN JAMBU BIJI

INFO KESEHATAN - Pada jambu biji, tidak hanya bagian buahnya saja yang bisa kita manfaatkan, namun daun jambu biji juga bisa kita gunakan untuk berbagai jenis pengobatan tradisional. Ada banyak kandungan nutrisi pada daun jambu biji, misalnya asam psidoklat, asam oleanolat, asam guajaverin, minyak atsiri, minyak lemak, vitamin dan juga tannin.
1. Obat Menurunkan Kadar Kolesterol
Cuci bersih 7 lembar daun jambu biji yang masih segar, 2 genggam daun ceremai dan 10 lembar daun sirih. Rebus semua bahan dengan air sebanyak 3 gelas hingga tersisa separuhnya. Minum air rebusan tersebut 1/2 gelas di pagi hari, dan 1/2 gelas malam hari.
2. Obat Demam Berdarah
Siapkan 5 lembar daun jambu biji, lalu rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih. Ramuan ini bisa diminum dalam waktu 4 jam sekali hingga sembuh.

3. Obat Diare dan Disentri
Siapkan daun Jambu biji segar seberat 30 gr dan segenggam tepung beras. Semua bahan direbus dengan air 1-2 gelas. Dinginkan dan minum airnya 2 kali sehari.Atau bisa juga dengan cara mengunyah 3 lembar daun jambu biji muda yang segar dengan sedikit garam lalu ditelan, lakukan 2 kali sehari.

4. Obat Sariawan
Siapkan 1 genggam daun jambu biji segar dan 1 jari kulit batang pohon jambu biji. Rebus dengan 1 liter air. Saring dan minum air rebusan ini 2 kali sefari.

5. Obat untuk Menyembuhkan Luka Berdarah atau Borok
Lumatkan 4-5 helai daun jambu biji segar. Tempelkan lumatan daun tersebut di tempat luka yang berdarah atau borok. Lakukan beberapa kali sehari, hingga sembuh.

6. Obat Ambeien
Siapkan beberapa lembar daun jambu biji muda yang ada dipucuk dan 1 pisang batu. Cuci bersih kedua bahan tersebut, pisang batu tak perlu di kupas. Setelah bersih lalu ditumbuk. Air perasannya di tampung lalu di minum. Lakukan setiap hari secara teratur.

7. Obat Beser (sering buang air kecil)
Cuci 3 pucuk daun jambu biji. Makan langsung dengan sedikit garam dan sedikit merica. Dimakan setiap siang dan malam selama 2 hari.

8. Obat Sakit Kulit
Cuci bersih segenggam daun muda jambu biji dan 7 kuntum bunga jambu biji. Lumatkan sampai halus dan gosokkan pada kulit yang sakit.

9. Obat Perut Kembung Pada Anak-anak
Siapkan 3 lembar daun jambu biji muda yang ada dipucuk, 1/2 jari kulit batang pulosari, 5 butir adas. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga airnya tinggal segelas. Saring dan minum air rebusan tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »