Penyebab Sulit Hamil

 Penyebab Sulit Hamil

Info Kesehatan - Gangguan kesuburan dapat diakibatkan karena perempuan atau laki laki dengan berbagai alasan gaya hidup hingga kesehatan. Seperti yang dikutip dari mayo clinic,10-15% pasangan yang memiliki ketidaksuburan di Amerika Serikat diakibatkan karena alasan kesehatan yang terjadi pada wanita atau laki laki. Penyebab umumnya sulit hamil perempuan disebabkan karena masalah ovulasi, dimana pelepasan telur yang matang yang kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi. Tanda umum pada perempuan sulit hamil adalah periode datang bulan yang abnormal atau tidak teratur masalah ovulasi.

Di bawah ini adalah beberapa penyebab perempuan sulit hamil karena masalah ovulasi :
1.  Menoupause Dini
Terjadinya kekurangan atau hilangnya menstruasi ditandai dengan folikel ovarium sebelum wanita memasuki usia 40 tahun. Perempuan memasuki menoupause apabila fungsi ovarium dan datang bulan terhenti. Menopause dini dapat disebabkan karena radiasi yang memicu kekebalan di dalam tubuh wanita tersebut.

2.  Kerusakan Pada Saluran Telur (Tuba)
Penyumbatan atau adanya jaringan perut yang disebabkan karena meradangnya saluran tuba sehingga mempengaruhi kesuburan. Kerusakan tersebut disebabkan karena infeksi penyakit menular seksual teruatama oleh klamidia. Kasus lainnya dapat dikarenakan penyumbatan penyakit karena radang panggung atau pasca operasi kehamilan ektopik.

3.  Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)
Merupakan kondisi yang mengakibatkan terjadinya produksi hormon androgen dan salah satu penyebab terjadinya gangguan kesuburan pada wanita. Ketidakseimbangan ini yang akan mengakibatkan PCOS bermasalah dengan ovulasi dan terganggunya siklus datang bulan.

4.  Endometriosis
Jaringan rahim yang tumbuh di bagian luar rahim sehingga mempengaruhi indung telur, saluran telur, telur, rahim dan juga fungsi sperma. Pada kasus ringan, konsepsi mungkin terjadi karena tidak semua wanita mengalami gangguan kesuburan.

5.  Ovarium jaringan parut
Kerusakan fisik pada ovarium dapat mempengaruhi ovulasi wanita, kerusakan ini dapat disebabkan pembedahan akibat terjadinya kista ovararium. Operasi konstan yang lebih luas akan mengakibatkan jaringan perut, folikel yang melekat akan mengakibatkan gangguan pada proses ovulasi yang tidak lengkap.

6.  Adhesi Pelvis
Jaringan perut akibat terjadinya operasi panggul, usus buntu akan mengganggu kesuburan yang mengubah struktur saluran tuba dan mengalami perjalanan yang sulit pada telur wanita. Sehingga seringkali mengakibatkan gangguan pada kesuburan wanita akibat perjalanan melalui saluran yang terhambat.

7.  Masalah Tiroid
Hipertitodisme kondisi ini dikarenakan adanya kelenjar tiroid abnormal yang terlalu aktif, sedangkan tiroid hipotorodisme merupakan kondisi dikarenakan tiroid tidak aktif, kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah kesuburan pada wanita.

8.  Pengobatan Kanker
Ketika sedang menjalani radioterapi maka pengobatan kanker dapat mengganggu dan mengakibatkan sistem reproduksi pria atau wanita terganggu. Penelitian ini menunjukkan adanya penurunan pada kesuburan wanita disebabkan karena efek samping dari radiasi. Meskipun demikian kondisi ini akan tergantung pada bagian tubuh yang terpapar sinar.

9.  Gaya Hidup
Kebiasaan dengan gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesuburan salah satunya ketika anda adalah pecandu rokok atau makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak tidak sehat. Perhatikan pula konsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan, usahakan konsultasikan dengan dokter untuk pencegahan obat obatan tertentu.

10.  Usia
Terakhir, usia akan mempengaruhi kesuburan, wanita yang memiliki usia lebih dari 40 tahun akan memiliki jumlah sel telur kurang sehat dan lebih rendah sehingga apabila mengalami kehamilan di usia ini akan beresiko keguguran yang lebih tinggi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »