Makanan yang Dihindari Agar Tidak terjangkit Kangker Payudara

Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Agar Tidak terjangkit Kangker Payudara.
Sejumlah makanan diduga dapat zat kasinogenik jika dikonsumsi. Hal ini bisa menyebabkan kanker payudara, bahkan juga kanker payudara pada pria. Makanan yang mengandung tinggi lemak – Makanan tinggi protein, seperti daging berwarna merah dimana didalamnya mengandung senyawa heterosiklik yang memicu kanker. Lalu daging unggas atau daging putih yang awalnya sehat kini juga mulai dicurigai. Hal ini disebabkan unggas diternakkan tidak lagi alamiah sehingga kaya akan lemak.


Makanan yang dimasak dengan cara dibakar atau diasap – Pembakaran dibagian luarnya yang hangus akan menghasilkan senyawa kuinon dan benzopirene yang memiliki sifat merangsang pertumbuhan kanker. Makanan yang digoreng dengan suhu tinggi dan minyak jenuh – Minyak goreng merupakan minyak jenuh dan lemak trans. Misalnya mentega, margarin dan minyak goreng bekas. Minyak goreng bekas yang telah 2 kali goreng dan berwarna kehitaman mengandung senyawa hydrogen peroksida yang merupakan radikal bebas yang sangat kuat.

Daging kaleng – Makanan kaleng banyak ditambahi garam natrium nitrit untuk mengawetkan dan mempercantik. Senyawa tersebut jika berikatan dengan amino yang terkandung dalam daging akan membentuk nitrosamine yang bersifat karsinogen. Makanan beracun – Misalnya makanan yang telah tercemar racun mitoksin yang dihasilkan oleh Aspergillus flavus. Umbi-umbian – Umbi yang sudah bertunas dan berbercak kehijauan mengandung senyawa glokoalkaloid khususnya solanin dan karsonin yang bersifat karsinogen, Zat aditif – Makanan yang mengandung additives sebenarnya aman menurut takaran pemerintah, namun perlu diwaspadai jika tak sesuai takaran misalnya, makanan yang mengandung pemanis, pengawet dan ada pewarna buatan. Misalnya bakso, mi, junk food fast food dan lain-lain. Ikan basah, ikan asin dan telur asin, Minuman berlakohol, soda, cokelat, kopi, dan es, Buah durian dan nangka.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca umumnya dan bagi penulis khususnya dan agar berbagi info kepada yang lain.

Info Terkait :
Makanan Pencegahan Kangker Payudara
Ciri-ciri Kangker Payudara

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »